kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Emas mini: investasi atau sekadar uji nyali


Jumat, 10 Agustus 2018 / 22:12 WIB

Emas mini: investasi atau sekadar uji nyali


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wajah cantik Merry Putrian, belakangan, sering muncul dalam acara berformat talk show tentang keunggulan sebuah produk di sebuah stasiun TV swasta. Salah satu yang dibahas presenter berusia 38 tahun itu adalah emas mini. Istilah mini dilekatkan karena produk logam mulia itu memang berukuran mini, mulai 0,1 gram. Emas itu pun diklaim sebagai emas batangan terkecil di dunia.

Merry tentu saja tidak sendiri di acara itu. Ia hadir bersama Leo Sastra Chandra Winata selaku Chief Executive Officer (CEO) PT ODC Inter Rotasi (ODC Enterprise). ODC Enterprise merupakan perusahaan yang bergerak di bidang advertising dan distribusi produk.

ODC Enterprise merupakan pemilik hak distribusi eksklusif emas mini PT Juliana Shafira Gemilang (JSG). Leo memaparkan, emas mini JSG tersebut dijual dalam berbagai varian, yakni mulai dari 0,1 gram, 0,2 gram, 0,4 gram dan 1 gram. ODC Enterprise sendiri juga menjual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

“Emas mini adalah sarana untuk memiliki emas Antam. Jadi Anda tidak perlu lagi mencicil atau menabung. Belikan saja emas yang kecil-kecil ini,” tutur Leo, seperti dikutip KONTAN.CO.ID dari tayangan "Talk and Give" yang juga diunggah di YouTube. Karena bentuknya yang mini, maka hanya dengan uang senilai Rp 78.000, konsumen bisa langsung memiliki produk emas seberat 0,1 gram.

Menabung atau mencicil emas, lanjut Leo, bukan solusi yang tepat karena konsumen tidak serta merta bisa langsung memiliki emas yang sedang dicicilnya. Lain halnya dengan emas mini. Karena harganya yang tidak lebih dari Rp 100.000 per unit, tentu emas mini lebih terjangkau, alias lebih mudah untuk dikantongi pembeli.

Kata Leo, bila seseorang konsumen sudah mengumpulkan emas mini cukup banyak, maka dia dapat menukarkannya dengan produk emas produksi PT Aneka Tambang Tbk Antam dengan ukuran yang setara kepada pihak ODC Enterprise. Sebagai contoh, konsumen dapat menukarkan 10 produk emas mini seberat masing-masing 0,1 gram dengan emas Antam 1 gram di ODC Enterprise.

Dengan alasan likuiditas, Leo menyatakan pihaknya bersedia membeli kembali (buyback) emas mini milik konsumen, dengan harga yang ditetapkan pihak ODC Enterprise. Sebagai ilustrasi KONTAN mengutip data www.emasmini.co.id, situs resmi ODC Enterprise, dimana pada tanggal 19 Juli 2018 harga 1 gram emas mini dibandrol Rp 647.400. Pada waktu yang sama, harga buyback ODC Enterprise bernilai Rp 567.000.


Reporter: Yuwono Triatmodjo

Video Pilihan


Close [X]
×