kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.595
  • SUN93,03 -0,06%
  • EMAS610.041 0,33%

Menyongsong pemilu 2019, investor bisa mulai incar beberapa saham

Jumat, 14 September 2018 / 08:56 WIB

Menyongsong pemilu 2019, investor bisa mulai incar beberapa saham
ILUSTRASI. Pasar Modal



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama masa pemilihan umum (Pemilu), diprediksi bakal kembali terulang di pemilu 2019 nanti. Beberapa saham emiten akan tertopang pertumbuhannya selama musim pemilu tersebut.

Salah satu perusahaan riset sekuritas asing, yakni Macquarie, menyebutkan dalam tiga Pemilu terakhir, IHSG cenderung bergerak positif. Secara umum, kinerja indeks bahkan outperform terhadap indeks negara berkembang atau emerging market saat musim pesta demokrasi.


Dalam riset disebutkan, keuntungan terutama diperoleh investor yang membeli saham enam bulan sebelum pemilu. Adapun potensi kenaikan harga saham-saham tersebut mencapai 7%–39%.

Macquire mencatat, saham-saham yang menarik dilirik saat musim Pemilu nanti antara lain BBCA dan UNVR. Kedua saham ini memiliki potensi upside hingga 15%. Kedua saham tersebut dinilai memiliki kualitas baik dan pemimpin di sektor masing-masing.

Selain itu, ada ADRO, INKP, ITMG, UNTR dan INCO yang memiliki potensi kenaikan 36%. Emiten-emiten tersebut banyak melakukan ekspor sehingga akan diuntungkan pelemahan rupiah.

Harga saham BBNI, LPPF dan EXCL juga berpeluang naik hingga 45%. Valuasi saham-saham tersebut dinilai sudah cukup murah.

Bisa cicil beli

Analis Kresna Sekuritas William Mammudi mengungkapkan, secara historis memang indeks mengalami reli pada tahun-tahun Pemilu. Umumnya, peningkatan tersebut dipicu saham blue chips.

Menurut dia, saham-saham yang masuk indeks LQ45 berpotensi bergerak positif. "Jadi memang ada potensi upside di pemilu 2019 nanti," kata William, Kamis (13/9).

Meski belum memastikan seberapa besar potensi kenaikan indeks tahun depan, jika berkaca dari rata-rata kenaikan tahun sebelumnya, peluang kenaikan mencapai 15%. Sedangkan untuk 2018, diperkirakan ada return negatif sekitar 8% secara year to date (ytd). "Jadi bisa outperform tahun depan," jelas William.

William menilai saham perbankan dan konsumsi cukup baik. Apalagi, kapitalisasi pasar IHSG saat ini lebih banyak ditopang dua sektor tersebut.

Dengan melihat berbagai potensi tersebut, William juga merekomendasikan investor untuk masuk jangka panjang. Sedangkan untuk trading, menurut dia saat ini bukan waktu yang tepat, lantaran volatilitas cukup tinggi. "Kalau untuk disimpan sampai akhir 2019, saham-saham tersebut bisa cicil beli dari sekarang hingga akhir tahun," saran dia.

Analis Semesta Indovest Sekuritas Aditya Perdana Putra menilai, saham-saham yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi menarik dilirik jelang pemilu. Terutama emiten yang bisnisnya bakal terpengaruh belanja pemerintah.

Contohnya, saat Asian Games 2018, sektor telekomunikasi mengalami peningkatan hingga 3–4 kali lipat. Kondisi tersebut menurut Aditya juga berlaku pada pelaksanaan Pemilu tahun depan. "Belanja pemerintah akan ada di sektor komunikasi, konsumsi dan perbankan. Saham yang valuasinya murah ada prospek untuk naik," kata Aditya.

Analis Investa Saran Mandiri Kiswoyo Adi Joe menilai, ada beberapa saham menarik dibeli untuk menghadapi pemilu tahun depan. Menurut dia, saham BBCA dan UNVR berpeluang untuk mencetak kenaikan harga hingga 15%. Sedangkan saham ADRO, ITMG dan INCO memiliki peluang naik hingga 20%.

Meski begitu, Aditya menilai dengan kondisi pasar saat ini yang sedang tertekan, investor juga bakal menghadapi risiko penurunan harga bila masuk berburu saham saat ini. Wajar saja, analis memperkirakan pasar saham saat ini masih akan tertekan, seiring dengan pelemahan nilai tukar rupiah.

Reporter: Intan Nirmala Sari
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0008 || diagnostic_api_kanan = 0.0646 || diagnostic_web = 0.3136

Close [X]
×